Warung Bebas

Thursday 7 February 2013

HIV AIDS

Penyakit HIV adalah sebuah jenis penyakit yang disebabkan oleh Virus. HIV Human Immunodeficiency Virus adalah sejenis virus yang menyerang kekebalan tubuh orang yang menjadi penderitanya. Stigma buruk bagi para penyandang HIV AIDS atau Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) juga tak hilang dalam kebudayaan masyarakat Indonesia.

Penyakit AIDS ini yang paling umum kita kenal dalam hal penyebarannya adalah melalui hubungan seksual. Oleh karena itu penularan HIV AIDS melalui hubungan seks maka dikenal juga dengan istilah golongan Penyakit Menular Seksual (PMS).

Jika seseorang mengidap HIV ini tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan HIV yang tepat dalam kurun waktu kurang lebih selama 5-10 tahun akan bisa berkembang menjadi penyakit AIDS. AIDS ini adalah kependekan kata dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. Pengobatan HIV AIDS yang digunakan selama ini adalah menggunakan obat-obatan antiretroviral. Obat antiretroviral digunakan dalam pengobatan infeksi HIV. Obat HIV AIDS atau pun obat-obatan tadi ini bekerja melawan infeksi itu sendiri dengan cara memperlambat reproduksi HIV dalam tubuh.

Penyakit HIV AIDS, penularan HIV, pengobatan HIV AIDS

Gejala tanda seseorang telah terkena atau pun mengidap penyakit ini adalah :
  1. Diare tak segera sembuh. Seseorang yang mengidap penyakit yang satu ini tanda ciri gejalanya adalah salah satunya mengalami diare yang tidak kunjung segera sembuh.
  2. Berat badan turun dratis. Ini juga yang perlu kita waspadai juga. Penurunan tanpa ada gejala penyebab yang pasti. Hal ini karena biasanya pada penderita penyakit ini akan mulai kehilangan selera makannya. Walaupun makan dengan banyak kalori, karbohidrat, bergizi tetapi berat badan akan tetap menurun.
  3. Fatique (cepat merasa lelah, lemah). Karena jenis virus menyerang sistem kekebalan tubuh maka penderita HIV AIDS ini akan cepat merasakan lelah walaupun dalam aktifitas yang tak terlalu banyak dalam kegiatannya sehari-hari.
  4. Demam dan flu yang tidak kunjung sembuh. Salah satu dari tanda gejala HIV AIDS maka seseorang tersebut akan mengalami demam yang berkelanjutan dan hilang timbul dan biasanya demam mencapai lebih dari 39 derajat celcius dan tak sembuh setelah mendapatkan pengobatan dan beberapa jenis obat penurun panas (antipiretika).
Cara penularan HIV AIDS bisa melalui berbagai cara dan cara tersebut bisa melalui :
  1. Hubungan Seks. Inilah cara yang masyarakat awam ketahui bahwasannya penularan penyakit yang satu ini adalah dengan melakukan hubungan seksual atau pun seks bebas.
  2. Transfusi darah tercemar oleh virus HIV. Untuk itulah mengapa PMI dalam hal menyalurkan darah atau pun mencari donor darah akan selalu memeriksakan sample darah pendonor dengan banyak jenis pemeriksaan termasuk pemeriksaan darah bebas HIV ini.
  3. Penularan dari ibu hamil kepada janinnya.
  4. Pemakaian jarum suntik bergantian. Bisa juga melalui perantara penggunaan jarum tindik atau pun pembuatan tatto yang telah tercemar virus HIV. Dalam hal penggunaan jarum suntik, maka para pemakai narkoba yang menggunakan jarum suntik sebagai medianya adalah termasuk dalam golongan orang yang mempunyai resiko tinggi tertular penyakit AIDS ini.
Demikian tadi beberapa hal mengenai artikel HIV AIDS yang perlu kita ketahui agar kita bisa waspada dan hati-hati terhadap penyakit menular dan berbahaya seperti penyakit yang satu ini.

0 comments em “HIV AIDS”

Post a Comment